30 Maret 2018

Buat Kamu Yang Pertama Kali Naik Pesawat, Berikut Tips Naik Pesawat Yang Pasti Bermanfaat Untukmu




sumber: skitterphoto.com

Pesawat terbang kini memang menjadi sarana transportasi favorit untuk bagi sebagian besar orang yang ingin berlibur atau pergi ke luar kota. Namun masih banyak saja yang belum pernah naik pesawat entah karena takut ketinggian, atau karena memang tidak pernah bepergian ke luar kota. Ada juga yang merasa bahwa harga tiket online pesawat itu mahal, padahal ada banyak sekali maskapai yang memasang tarif  lebih murah pada pembelian online.


Untuk kamu yang ingin naik pesawat atau baru pertama kali menaiki transportasi udara ini, ada baiknya jika kamu membaca tips berikut terlebih dahulu:

Siapkan Tiket Pesawat Sesuai Kartu Identitasmu

Saat ini kamu bisa membeli tiket pesawat dengan mudah. Kamu bisa membelinya di situs penjual tiket seperti Traveloka yang menjual tiket online dengan murah. Saat membeli tiket, pastikan bandara tujuan dan tanggal pemberangkatan sudah sesuai. Kemudian jangan lupa juga untuk mengisi data diri sesuai dengan kartu identitasmu. Jangan pakai nama samaran, nanti kamu nggak boleh masuk pesawat lho.

Perhatikan Barang Bawaan
sumber: freepik.com/phduet

Biasanya masing-masing maskapai menerapkan tambahan bagasi yang berbeda-beda. Untuk mengantisipasinya, pastikan tas yang kamu bawa ke kabin pesawat tidak lebih dari 7 kg. Sedangkan untuk bagasi gratis biasanya sejumlah 20kg. Jika barang bawaanmu melebihi jumlah tersebut, kamu akan dikenakan biaya tambahan per kilonya. Pastikan juga kamu tidak membawa barang-barang terlarang karena di dalam bandara akan dilakukan beberapa kali security check.

Datang Di Bandara Lebih Awal
sumber: detik.com
Usahakan datang sekitar 2,5 jam sebelum jadwal keberangkatan pesawatmu. Hal ini untuk mengurangi resiko kamu ketinggalan pesawat.  Karena ada berbagai proses seperti check in, security check, dll saat kamu masuk bandara. Tidak mau kan sudah beli tiket onlne dari jauh-jauh hari dan malah tidak bisa berangkat di hari H? Lebih baik bersantai di bandara sambil menunggu pesawat datang daripada harus berlarian karena mengejar waktu yang mepet.

Baca juga : Liburan Tipis-tipis


Selalu Dengarkan Instruksi Dari Pramugari Pesawat
sumber: youtube.com

Jika sudah di dalam pesawat, pramugari akan memperagakan prosedur keselamatan yang harus dilakukan jika saja pesawat yang kamu tumpangi mengalami masalah. Jadi, dengarkan baik-baik instruksi dari pramugari tersebut. Pastikan juga kamu telah mematikan seluruh perangkat kamu seperti ponsel, tablet, ataupun laptop. Jangan kamu melakukan kesalahan kecil apapun, karena bisa membahayakan seluruh penumpang pesawat. Kalau kamu duduk di bagian pesawat yang dekat dengan pintu darurat, pramugari akan mendatangi barisan seat kamu untuk memberikan instruksi tentang pintu darurat. Ingat ya, pintu darurat sebaiknya dibuka saat benar-benar dalam keadaan darurat ya!

Jangan Terburu-Buru, Cek Dulu Barang Kamu Sebelum Turun

Entah karena terlalu bersemangat atau bagaimana, tapi ada saja orang yang lupa jika barangnya tertinggal di pesawat. Jika tak ingin hal ini terjadi padamu, pastikan untuk mengecek lagi barang yang kamu bawa. Jangan berdiri dan menyalakan ponselmu sebelum pesawat benar-benar berhenti.

Sudah jelas bukan tips naik pesawatnya? Kini kamu tak perlu ragu lagi untuk beli tiket online dan naik pesawat.

17 komentar:

Wiwid Nurwidayati mengatakan...

Mb lis, yuk kita naik pesawat

lisa lestari mengatakan...

Hahahahaha.. Ayo, Mbak.

Damar Aisyah mengatakan...

Traveloka emang murah dan banyak pilihan penerbangannya. Pokoknya jalan2 jadi gampang banget sekarang

Dwi Arum mengatakan...

Whuaa bener banget tipsnya. Sekarang adanya travel online memudahkan acara jalan-jalan ya, bisa cek kapan aja dan buat kemana aja.

lisa lestari mengatakan...

Wah, jadi makin asyik ya mbak.

lisa lestari mengatakan...

Betul banget mbak.

Dian Restu Agustina mengatakan...

Makasih tipsnya Mbak..
Paling sebel sama penumpang yang sok sibuk, masih juga puter-puter belum mendarat sempurna, eh sudah dinyalain HPnya.. Hadeeh mbok yang sabar, kan bisa ganggu pilot mo parkir tuh

HeNee Sudarno mengatakan...

point terakhir bener banget mba, calm down. kadang lihat penumpang lain rush kita jadi ikut2an hehehe

Srie Ningsih Ali mengatakan...

Sebagai orang airlines, makasih tipsnya. Semoga masyarakat makin mengerti aturan naik pesawat, krn saat ini naik pesawat bukan arang mewah lagi.

emmy herlina mengatakan...

Wah, jadi kangen naik pesawat lagiii. Eaaa 🙃🙃

lisa lestari mengatakan...

Duh malu sama yang sering naik pesawat.

lisa lestari mengatakan...

Betuuul

lisa lestari mengatakan...

Yes mbak. Butuh edukasi buat masyarakat

lisa lestari mengatakan...

Yuk naik

Jeanette mengatakan...

bermanfaat banget untuk yang belum pernah naik pesawat. yang belum pernah naik pasti ada rasa kuatir.
terima kasih untuk sharingnya mba. sangat bermanfaat :)

Bety Kristianto mengatakan...

Nice tips, mba Lisa! Btw aku dulu pernah kena tuh overload bagasi cuma 3kg, dan harus bayar 250rebu hiks hehehe... pelajaran penting banget for the next trip.

farida mengatakan...

hohooho... betul 3x. pertama naik pesawat sebaiknya tidak dtg mepet waktu ya. bisa binguuunggg...

Posting Komentar