Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Mengikuti Hari Cuci Tangan Sedunia

Hari Cuci Tangan Sedunia
Hari Cuci Tangan Sedunia
Hari Kesehatan Dunia adalah hari di mana para masyarakat, khususnya para siswa diwajibkan mencuci tangan dengan sabun anti bakteri. Sedangkan misi ayo merayakan hari cuci tangan sedunia adalah upaya menurunkan tingkat kematian pada batita dan mencegah penyakit yang menyerang kualitas hidup manusia. Misi ini juga bekerjasama dengan organisasi besar, seperti organisasi dari program bank dunia untuk water and sanitation program (WSP/World Bank), UNICEF, USAID, procter and gambie, dan Unilever. Gerakan atau upaya ini juga merupakan mobilisasi jutaan orang untuk mencuci tangan dengan sabun. Inisiatif yang digalakkan oleh PPWH, kemitraan swasta dan public private partnership for handwashing serta didukung penuh oleh PBB.

Berikut adalah beberapa alasan kita juga harus mengikuti gerakan hari cuci tangan sedunia yang diadakan setiap tanggal 15 Oktober:

1. Hari mencuci tangan sedunia juga diharapkan bisa memperbaiki kesehatan dan membiasakan untuk hidup sehat.
2. Menjaga Kesehatan dan Kebersihan
Ternyata, tanpa kita sadari setiap hari kuman yang menempel pada tangan bisa masuk ke dalam tubuh dengan berbagai cara. Mulai dari makan secara langsung menggunakan tangan, menyeka mulut dan hidung, dan menggigit kuku. Supaya kita bisa mencegah kuman masuk ke dalam tubuh, kita harus menjaga kesehatan dan kebersihan.

3. Gerakan hari cuci tangan sedunia membuat kita membiasakan diri menjaga kebersihan tubuh. Seperti mencuci tangan menggunakan sabun sebelum dan sesudah melakukan aktivitas. Setelah mencuci tangan menggunakan sabun anti bakteri, bilas lah dengan air bersih yang mengalir. Contoh sabun yang mengandung anti bakteri adalah sabun lifebuoy.

Tujuan Gerakan Cuci Tangan Sedunia adalah:
     a. Menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh
     b. Mencegah penularan berbagai macam penyakit
  c. Memberikan pendidikan kepada masyarakat bahwa setelah makan wajib mencuci tangan.           
Namun, pada aktivitas lain seperti memasak, sampai menyuapi anak-anak juga harus tetap mencuci tangan menggunakan sabun.

Hal ini juga mencegah kuman penyakit berpindah ke tubuh dan meningkatkan kualitas kesehatan anak-anak. Ada banyak anak yang mengalami diare, flu, pilek, infeksi mata disebabkan oleh kualitas air bersih menurun. Supaya penyakit tersebut berkurang, maka organisasi nasional dan swasta mengadakan gerakan hari cuci tangan sedunia.

4. Melatih Anak Mencuci Tangan
Alasan selanjutnya adalah bisa melatih anak-anak mencuci tangan sejak dini. Upaya ini sudah sering dilakukan oleh pemerintah daerah setempat tentang manfaat mengikuti gerakan ini. Tujuan membangun kesehatan ternyata tidak hanya dilakukan oleh ahli kesehatan di bidangnya. Namun, para orang tua, masyarakat, dan pemerintah juga bertanggung jawab pada kesehatan anak-anak.
Misalnya, kegiatan hari cuci tangan sedunia pernah diadakan di daerah Medan. Walikota Medan menggelar kegiatan ini dengan TP PKK Kota Medan. Selain itu juga bekerjasama dengan USAID IUWASH plus regional Sumatra, dan dinas lainnya yang terkait. Tujuan dari melatih anak sejak dini juga membiasakan anak-anak mencuci tangan dengan sabun anti bakteri dan air bersih yang mengalir.

5. Mendapatkan Ilmu Cara Mencuci Tangan dengan Benar
Saat kita mengikuti kegiatan sosialisasi yang diadakan oleh lembaga-lembaga nasional maupun swasta, hal pertama yang didapatkan adalah ilmu. Ilmu membuat kita memahami tata cara bersikap yang baik dan benar. Salah satunya adalah ilmu cara mencuci tangan dengan baik dan benar.

Terakhir, alasan kita wajib mengikuti kegiatan hari cuci tangan sedunia adalah selain mendapatkan ilmu cara mencuci tangan dengan benar, juga untuk menghindari dari kuman dan bakteri yang masih menempel. Langkah atau cara yang sangat dianjurkan oleh ahli, adalah menggunakan sabun. Namun, masih banyak orang-orang yang mencuci tangan dengan asal siram langsung bersih.

Demikian beberapa alasan kita harus mengikuti gerakan hari cuci tangan sedunia untuk mencegah penyakit. Semakin kita menerapkan kebersihan tubuh dan lingkungan dengan baik dan benar, maka akan meningkatkan kualitas hidup.

Share:

2 komentar

  1. Saya termasuk orang yang sering banget cuci tangan, entah berapa kali saya cuci tangan dalam sehari. Itu semua saya lakukan ya karena saya paham bahwa mencuci tangan dengan sabun anti bakteri itu sangatlah penting, cuma ya gitu masih banyak orang yang abai terhadap hal sepele seperti mencuci tangan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, masih banyak yang abai dengan cuci tangan ini. Karena sebagaian besar masih menganggap kegiatan mencuci tangan ini adalah hal yang sepele dan diremehkan.

      Delete