Kenali Dengan Baik Ketombemu

Hasil gambar untuk gambar rambut berketombe
merdeka.com

Pernahkah mendengar mitos, bahwa ketombe akan muncul kepada orang yang jarang keramas?

Ada loh, yang pernah mengatakan ini kepada saya, karena saya adalah orang yang paling mudah terkena ketombe meskipun sudah berganti-ganti sampo sesuai iklan di TV. Konon katanya sampo ini bisa membaski ketombe, saya coba. Sampo itu lebih ampuh menghilangkan ketombe, saya coba juga. Hasilnya? Tidak ada satu sampo pun yang memang benar-benar cocok dengan rambut saya. Semuanya tetap membuat rambut saya seperti yang pernah dikatakan orang lain kepada saya. Nggak pernah keramas! Duh, jorok amat ya?

Entahlah, kenapa rambut saya subur banget buat tumbuhnya ketombe. Dan mereka betah untuk tinggal berlama-lama di kulit kepala saya. Menurut si mbak salon muslimah yang pernah saya tanya, katanya pula karena saya keramasnya nggak bersih, makanya ketombe jadi muncul. Yah, saya kembali lemes dibilang begitu!

Tahukah Sahabat semua sebab munculnya ketombe pada kulit kepala kita?
Sebelum kita membahas sebab munculnya ketombe, alangkah baiknya jika kita tahu apa sih ketombe itu?

Menurut headandshoulder.co.id mengatakan kalau ketombe itu sesungguhnya  adalah masalah umum kulit kepala yang dijumpai pada lebih dari 50% populasi penduduk di dunia. Ketombe berbentuk butiran atau serpihan putih halus di rambut. Banyak mitos yang menyebutkan ketombe muncul karena tidak menjaga kebersihan diri atau jarang keramas. Padahal ketombe bisa menimpa siapa saja, meskipun kamu yang rajin keramas setiap hari. (Duh, ternyata bukan hanya  teman terdekat yang maengatakan mitos tersebut)

Lalu, apa penyebab ketombe bisa muncul di kulit kepala kita?
Ketombe tentunya dapat mengganggu penampilan baik perempuan maupun pria. Ketombe terjadi ketika pengelupasan kulit tidak maksimal sehingga sel-sel kulit mati menumpuk di kulit kepala dan menimbulkan serpihan putih yang gatal. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab ketombe muncul.

Kulit kepala yang kering
Biasanya, penyebab ketombe yang paling umum adalah kulit kepala yang kering. Penyebabnya akibat reaksi terhadap perubahan cuaca dan produk perawatan rambut yang digunakan. Selain itu, kurang minum air putih dapat menyebabkan kulit kepala kering. Berbagai masalah kesehatan seperti eksim dan psoriasis (kelainan kulit kronis yang sering muncul kemudian hilang) juga membuat kulit kepala kering. Pada umumnya, ketombe akibat kulit kepala kering cenderung lebih kecil dan lebih kering.

Tidak rutin keramas
Bila Anda tidak secara rutin melakukan keramas dapat menyebabkan minyak dan juga sel kulit kepala menumpuk dan menyebabkan ketombe.

Stres
Penyebab ketombe juga dapat disebabkan karena mengalami stres. Ketika mengalami stres, tubuh dapat menyebabkan saraf simpatis cenderung lebih aktif dan melakukan perubahan pada sistem hormon. Respon tubuh dapat membuat kelenjar minyak menjadi lebih aktif. Hal tersebut dapat mengakibatkan kulit kepala menjadi lebih lembap dan berminyak sehingga menyebabkan munculnya ketombe.

Menggunakan produk perawatan rambut yang tidak cocok
Terkadang ada beberapa produk perawatan rambut tertentu yang tidak cocok digunakan sehingga menyebabkan ketombe muncul.  Produk seperti gel, foam, dan hairspray yang biasa digunakan untuk menata rambut dapat membuat kepala menjadi gatal dan merah karena iritasi. Selain itu, penggunaan produk penata rambut yang berkepanjangan dapat menyebabkan reaksi alergi yang kuat.

Pola diet
Pola diet juga dapat menjadi penyebab ketombe. Hal ini dikarenakan, melakukan diet dapat membuat seseorang kehilangan nutrisi atau mengalami alergi terhadap jenis makanan tertentu. Bila pola diet yang kurang tepat, dapat menyebabkan kekurangan zat besi, vitamin B, dan beberapa jenis lemak menyehatkan yang sebenarnya sangat penting untuk tubuh, rambut, dan kulit.

Jika sudah mengetahui penyebab ketombe, ada kah cara yang mudah untuk menghindari ketombe?

Berikut ini cara mudah dan alami untuk mengatasi ketombe:

Rajin masker rambut

Melakukan perawatan dengan masker rambut dapat menjadi salah satu cara alami mengatasi ketombe dan rambut rontok. Anda dapat melakukan masker rambut di rumah yang lebih praktis atau membeli produk masker rambut yang telah banyak tersedia di pasaran. Lakukan perawatan ini dua kali seminggu untuk hasil yang lebih maksimal.

Rajin menyisir rambut

Cara alami menghilangkan ketombe yang lainnya adalah rajin menyisir rambut, guna membersihkan kulit kepala dari sel-sel kulit mati yang dapat menyebabkan ketombe. Terutama sisir rambut sebelum mencuci rambut, agar semua sel kulit mati dapat terangkat saat keramas. Gunakan sisir rambut yang memiliki ujung pin bulat yang memijat lembut kulit kepala. Rambut pun dapat bebas ketombe dan tidak akan mengalami kerontokan lagi.

Banyak minum air dan makan sayur

Makan makanan bergizi dan air dapat membantu kesehatan kulit, rambut, dan kuku. Terutama mengonsumsi Ssayur berwarna hijau tua yang dapat menutrisi rambut, sehingga dapat menjadi salah satu cara menghilangkan ketombe dan mengatasi rambut rontok secara alami. Konsumsilah minimal 2 liter air perhari untuk memastikan kulit kepala dan rambut tetap sehat.

Jalani kebiasaan sehat

Jangan salah, kebiasaan hidup sehari-hari dapat ikut berpengaruh pada timbulnya ketombe di kepala dan rambut rontok. Misalnya, orang yang mengalami stres dan kurang tidur dapat menimbulkan masalah pada kulit kepala dan rambut rontok. Maka dari itu, sebaiknya tidur cukup, minimal delapan jam sehari, maka menghilangkan ketombe dan merawat rambut rontok akan menjadi lebih mudah.

Hindari terlalu sering menggunakan hair dryer

Selain itu, hindari terlalu sering mengeringkan rambut menggunakan hair dryer untuk menghindari kulit kepala terkena suhu terlalu panas. Hal ini menyebabkan kulit kepala teriritasi sehingga muncul ketombe dan rambut mudah rontok. Jadi, biarkan saja rambut kering secara alami. Selain itu, Anda harus menghindari penggunaan produk penataan rambut terlalu sering agar tidak membuat kulit kepala menjadi kering, iritasi, dan gatal.

Gunakan sampo anti ketombe

Cara menghilangkan ketombe yang terakhir adalah menggunakan sampo untuk mengatasi ketombe dan menutrisi rambut secara alami. Kandungan sampo anti ketombe yang bagus biasanya sudah diformulasikan sedemikan rupa untuk mengatasi ketombe sekaligus menutrisi kulit kepala dan rambut. Gunakanlah produk sampo anti ketombe yang berasal dari bahan alami.

Secara pribadi, saya pernah menggunakan jeruk nipis untuk menghilangkan ketombe. Pernah juga saya menggunakan listerin untuk menghilangkan ketombe. Kulit kepala saya hanya bertahan beberapa jam. Selebihnya ketombe akan kembali muncul. Yang pasti, mengubah gaya hidup menajdi lebih sehat adalah cara aman dan alami untuk mengusir ketombe.

Kalau Sahabat sekalian, punya cara ampuh apa untuk mengusir ketombe? Share yuk!

#BloggerPerempuan
#30HariBerbagiKebaikan
#Day7

Share:

0 komentar