Memasak Ketupat Menjadi Lebih Mudah Menggunakan Panci Presto



Yeaayyy ...! Sudah mau lebaran. Hehehehe ....
Ketupat kan identik dengan lebaran, kan, kan! Makanya saya langsung bersorak saat membuat judulnya saja. Padahal lho, saya ini enggak pernah bikin ketupat sejak El lahir. Ditambah sudah ada yang jual ketupat mateng dengan rasa yang enak banget. Jadi, saya pikir lebih praktis membeli saja tanpa harus repot membuatnya. Toh, saya biasanya kalau merebus sendiri tidak pernah banyak. Sekadar obat kangen dengan ketupat yang ada di kampung halaman.


Lalu, muncul pertanyaan begini. Berarti dulu pernah bikin ketupat sendiri kan? Trus pas bikin ketupatnya sendiri, biasanya saya membuat ketupat menggunakan panci apa? 

Di awal memasak ketupat, saya menggunakan panci biasa dengan cara yang biasa dilakukan oleh orang-orang pada umumnya. Saya merebusnya dengan waktu yang lama, hingga 4-5 jam. Kenapa saya membutuhkan waktu lama untuk memasaknya? Agar ketupatnya matang sempurna dan awet hingga dua tiga hari.

Sekarang, lebih dimudahkan ya. Memasak ketupat menggunakan panci presto, konon memakan waktu lebih cepat dibandingkan memasak ketupat menggunakan kompor biasa. Apakah saya pernah memasak ketupat menggunakan panci presto?

Pernah, tapi kata paksu kurang yakin. Paksu tetap menginginkan saya memasak ketupat menggunakan teknik seperti biasanya. Bahkan beliau malah kepingin, masak ketupat itu lebih wangi menggunakan kompor berbahan kayu bakar. Jadi, dimasak di tungku dengan api kayu bakar. Lebih wangi! Lha, di mana saya bakal mendapatkan kayu bakar kalau begitu. Hehehehe ....

Balik lagi cara memasak ketupat menggunakan panci presto. Langkah-langkah yang dilakukan adalah:

1. Menyiapkan bahan untuk pengisian ketupat. Ketupatnya boleh dari bikin sendiri atau membeli di warung atau di pasar saya rasa banyak ya. Karena saya dan suami nggak bisa bikin selongsong ketupatnya sendiri.
2. Beras yang akan kita masukkan ke dalam ketupat usahakan sudah direndam sebelumnya, kira-kira sekitar satu jam perendaman.
3. Masukkan ketupat-ketupat tersebut ke dlaam panci presto. Tuang air menutupi permukaan ketupat.
4. Rebus ketupat hingga mengeluarkan bunyi. Lalu rebus terus selama kurang lebih satu jam menggunakan api kecil.
5. Setelah satu jam, ketupat sudsah siap disantap. Tapi ingat, ketika mengeluarkan ketupat dari panci presto, usahakan uap air pada panci sudah tidak ada ya.

Trala .... Memasak ketupat menggunakan panci presto sudah selesai. Sesimpel dan semudah itu kok. Sama seperti penggunaan panci biasa, hanya lebih hemat di waktu dan bahan bakar.

Sahabat di sini memiliki cerita apa saat memasak ketupat menggunakan panci presto?

#BloggerPerempuan
#30HariKebaikanBPN
#Day11

Share:

0 komentar