Manfaat Protein Soya Bagi Tubuh

Susu Kedelai, Kedelai, Organik, Biji
pixabay.com
Ketika berbicara mengenai makanan sebagai sumber protein, maka susu adalah sumber protein yang paling baik. Susu memiliki dua macam yaitu susu nabati dan hewani. Protein soya pada susu kedelai bisa menggantikan susu sapi yang tidak sedikit orang mengalami alergi. Tapi bagaimana kualitas dari susu kedelai untuk menggantikan susu sapi? Apakah mengandung Protein soya yang baik? Temui jawabannya di sini.


Susu kedelai hampir tidak memiliki lemak. Jadi, inilah yang menjadi keunggulan dari susu kedelai yang bisa menyehatkan jantung karena bebas kolesterol. Selain itu, susu kedelai juga kaya akan antioksidan.

Untuk kekurangannya sendiri, kebanyakan dari produksi kacang kedelai telah terkontaminasi dengan bahan kimia. Protein soya pada susu kedelai juga memiliki dampak yang buruk, yaitu dapat menyebabkan kelebihan estrogen sehingga bisa meningkatkan risiko kanker.

Manfaat Protein Soya Bagi Tubuh

Manfaat susu kedelai sudah terkenal di Indonesia sebagai salah satu minuman yang menyegarkan dan baik bagi kesehatan. Untuk itu, susu kedelai masuk ke dalam olahan biji kedelai yang mudah ditemui. Berikut adalah manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi susu kedelai:

Mengurangi ancaman pengeroposan tulang lebih kecil
Dengan mengonsumsi susu kedelai bagi seorang wanita, maka ia akan mengurangi pengeroposan tulang 56% lebih kecil. Perbandingan ini cukup membuktikan bahwa manfaat susu kedelai yang baik bagi kesehatan tulang.

Selain itu susu kedelai juga bisa meringankan gejala menopause dengan membantu fungsi kognitif wanita yang berusia di bawah 65 tahun.

Kandungan Nutrisi Susu Kedelai
Nutrisi susu kedelai terletak di komponen kedelai yang meliputi protein, karbohidrat, lisin, vitamin E serta vitamin K, fiber, dan asam lemak esensialnya. Beberapa kandungan susu kedelai yang bagus bagi kesehatan tersebut sangat baik jika dikonsumsi secara rutin.

Kandungan Protein
Susu kedelai mengandung protein yang jumlahnya hampir sama dengan susu sapi, hanya saja kalori yang dihasilkan cukup rendah. Kedelai mengandung 9 asam amino esensial dengan tubuh yang bisa mengubah asam amino menjadi protein baru. Protein ini yang nantinya menjadi antibodi penting untuk sistem kekebalan tubuh. Kandungan protein ini memegang peranan dalam jaringan dan enzim yang bagus bagi sel dalam tubuh sebagai penghasil energi.

Mengandung Vitamin dan Mineral
Selain mengandung protein yang banyak, susu kedelai juga mengandung vitamin dan mineral yang baik bagi kesehatan. Vitamin B12 membantu memproduksi hemoglobin sebagai pencegah segala anemia. Lalu, untuk vitamin D berperan penting bagi kesehatan tulang. Kandungan susu kedelai yang banyak dijual telah ditambahkan dengan vitamin D.

Mengandung Lemak, Kalsium, dan Magnesium serta Zinc
Kandungan asam lemak bisa meminimalisir kadar kolesterol jahat dan mengurangi resiko sakit jantung. Magnesium dan kalsium juga bisa mencegah sakit kepala sebelah, mengontrol kadar gula darah serta mengurangi gejala pra menstruasi. Lalu kandungan zinc pada susu kedelai berperan dalam sistem antibodi.

Manfaat Protein soya pada susu kedelai sangat efektif untuk masalah yang berhubungan dengan kesehatan. Protein, vitamin, dan mineral yang terkandung di dalamnya bisa digunakan untuk mengatasi pengeroposan tulang, mengontrol kolesterol pada darah, sebagai kesehatan jantung, mengatur tekanan darah tinggi, dan meminimalkan ancaman diabetes.

Masih ragu untuk mengonsumsi susu kedelai setelah mengetahui manfaat protein soya? Saya sih, dari dulu lebih suka susu kedelai daripada susu sapi. Kalau kamu bagaimana?

Share:

0 komentar