Memaknai THR Versi Saya

Hasil gambar untuk gambar thr
menkeu.co.id

 Menurut Wikipedia, THR adalah pendapatan non upah yang wajib dibayarkan pengusaha keapda pekerja atau keluarganya menjelang hari raya keagamaan di Indonesia.


Di Indonesia, THR selalu identik dengan lebaran dan mudik. Setiap pekerja di Indonesia sebagian besar akan berharap dengan uang THRnya untuk digunakan mudik ke kampung halamannya.

THR bisa memiliki berbagai makna bagi orang Indonesia. Bagi saya pribadi, THR itu memiliki makna sebagai berikut:

THR bisa menjadi infus yang bisa menunjang kesembuhan seseorang. Namun, THR juga bisa diibaratkan sebagai vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh sebagai daya juang untuk menghadapi lebaran yang sudah di depan mata.

Pada umumnya THR digunakan untuk:
Biaya Mudik atau Pulang Kampung
Karyawan dari suatu perusahaan yang memililiki THR dan berasal dari luar kota sudah pasti akan merencanakan mudik ke kampung halaman jauh-jauh hari dengan mengandalkan uang THR yang didapatkan. Tujuan mudik tentu saja selain berkumpul bersama keluarga juga untuk menjalin ikatan silahturahim dengan keluarga.

Membeli Baju Lebaran
Ada beberapa orang yang mengandalkan THR nya untuk membeli baju baru, meskipun ada beberapa orang yang tidak memiliki THR mengalokasikan dana lainnya untuk membeli baju. Terkadang anak-anak juga sudah terbiasa mendapatkan abju baru menjelang lebaran.
  
Menyiapkan Masakan pada Hari Lebaran
Pada saat hari raya tidak ada  yang mau mejanya kosong melompong tanpa ada hidangan yang tersaji. Sebisa mungkin pasti akan menyiapkan kue-kue kering sebagai makanan di hari lebaran. Bahkan masyarakat Indonesia sudah akrab dengan opor ayan dan ketupat yang terhiddang pada hari lebaran. Untuk itu lah dana THR dialokasikan untuk ini.

Membagikan Angpau Lebaran
Sebagian orang memunyai kebiasaan membagikan uang kepada anak-anak yang berkunjung. Memang tidak ada aturan baku dalam pembagian uang lebaran, namun bagi sebagian orang yang sudah terbiasa melakukan ini, pasti akan membagikan uang lebaran.

Berwisata Bersama Keluarga
Pada saat hari raya, biasanya diiringi dengan liburan anak sekolah. Hal ini tentu saja dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat untuk mengajak keluarganya berwisata.

Nah, itu lah beberapa alokasi dana THR yang biasa dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Lalu, apa maknanya bagi saya?

Bagi saya pribadi, menikmati THR belumlah lama sejak menjadi ASN. Meskipun THR menjadi penutup dari gaji yang tidak mengalmai kenaikan pada tiap tahunnya. Bukan maslaah besaran yang didapatkan, tapi hakikatnya mendapatkan THR berarti waktunya membahagiakan orang-orang yang kita sayangi. Berbagi kebahagiaan dengan orang-orang bukankah akan melahirkan kebahagiaan bagi kita juga?

Kalau menurut Sahabat semua, apa makna THR bagi Sahabat?

#BloggerPerempuan
#30HariKebaikanBPN
#Day14 

Share:

1 komentar