Mencegah Kulit Kering Dengan Masker Wajah Berbahan Alami

Gambar terkait
dream.co.id
Wajah menjadi salah satu bagian dari tubuh yang selalu mendapatkan prioritas khusus dalam hal perawatan. Secara nggak langsung, kaum hawa pasti menginginkan tidak ada masalah yang menimpa bagian wajahnya. Entah itu hanya masalah kecil seperti kulit wajah yang terlihat kering atau kurang segar, maka kaum hawa biasanya akan langsung bergerak dengan cepat untuk menagtasi permasalahan yang muncul. Maklum, wajah kan bagian tubuh yang pertama kali terlihat ketika bertemu dengan orang lain.

Kulit wajah yang cenderung kering memang akan membutuhkan perawatan lebih ekstra dibandingkan dengan jenis kulit yang cenderung normal. Kulit wajah yang tadinya bukan kering, jika mengalami hal-hal tertentu bisa menjadi kering juga. Wah, masa iya?

Yuk, kita cari tahu apa saja yang menyebabkan kulit menjadi kering:
 
1) Faktor Internal
• Gangguan kesehatan, seperti adanya penyakit kulit, diabetes, hipotirodisme (rendahnya kadar hormon tiroid), mal nutrisi, adanya penyakit kulit
• Menopause
• Faktor genetik
• Pertambahan Usia bisa menyebabkan semakin menurunnya produksi pelembap alami pada kulit juga berkurang bahkan makin tipis.

2) Faktor Eksternal
• Efek Obat, beberapa jenis obat yang kita konsumsi ada yang menyebabkan kulit menjadi kering.
• Bahan Pakaian, gesekan antara kulit dengan pakaian yang dikenakan juga berpengaruh besar terhadap kulit dan bisa menyebabkan kulit kering. Terutama jika mengenakan pakaian berbahan kasar serta pakaian yang ketat.
• Salah Menggunakan Pelembab, kulit yang cenderung kering mengharuskan kita untuk sering-sering mengoleskan pelembab. Namun, ada kalanya kita salah dalam memilih pelembab sehingga menyebabkan kulit menjadi lebih kering. Atau bisa juga salah dalam mengaplikasikan pelembab tersebut ke wajah. Seharusnya ketika mengoleskan pelembab ke wajah itu keadaan wajah dalam kondisi ‘basah’. Jadi, setelah mandi tepuk-tepuklah wajah menggunakan handuk, bukan dengan mengusap handuk ke wajah. Baru lah oleskan pelembab ke wajah dan biarkan meresap. Pastinya pilih pelembab yang bebas alkohol ya, Gaes.
• Gesekan Handuk, ini yang kita bahas di point sebelumnya ya.
• Mandi Air Panas, ternyata mandi menggunakan air panas terlalu sering bisa menyebabkan minyak alami pada kulit terbabat habis.
• Penggunaan Sabun, ternyata sabun juga salah satu penyebab kulit menjadi kering, karena sabun bisa menghilangkan minyak alami pelindung kulit lebih cepat.
• Berada di Ruangan AC dalam waktu lama,

Setelah mengetahui penyebab kulit kering, tentunya akan lebih mudah menjaga ya, agar kulit tidak mudah kering. Lalu, adakah cara mudah untuk menjaga kulit agar tidak kering? Apakah perlu menggunakan masker setiap harinya untuk menjaga kelembapan kulit?

Ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk menjaga kulit tetap lembab. Bahan-bahan berikut ini bisa digunakan sebagai masker pada wajah.
1. Lidah Buaya
Sifat lidah buaya mendinginkan kulit, bahkan bisa digunakan untuk menyembuhkan kulit terbakar matahari karena sifatnya tersebut. Cukup diblender halus daging lidah buaya dan jadikan masker wajah setiap malam sebelum tidur.
 
2. Alpukat
Buah satu ini memiliki tekstur buah yang lembut, sehingga dapat digunakan untuk melembabkan kulit. Selain itu, alpukat juga mengandung lemak alami yang sehat yang bisa membuat kulit tidak ahnya lembab tapi juga kenyal. Penggunaannya sama dengan lidah buaya, cukup diblender daging buahnya.
 
3. Pisang
Pisang bisa dipadukan dengan yogurt untuk emndapatkan hasil yang maksimal.
 
4. Minyak Zaitun
Minyak Zaitu memang diperuntukkan untuk menagtasi kulit kering pada wajha. Cukup teteskan minyak zaitun di tangan lalu pijat ke seluruh kulit wajah dan leher. Biarkan hingga meresap.
 
5. Yogurt
Selain untuk melembabkan, yogurt juga memiliki kemampuan mendinginkan, mengurangi iritasi, dan inflamasi pada kulit sehingga sangat cocok untuk digunakan pada kulit kering.
 
6. Air Mawar
Cukup celupkan kapas pada air mawar dan tempelkan pada wajah sebagai masker. Air mawar ini akan merelaksasi dan mengembalikan kesegaran wajah.
 
7. Madu
Madu bisa dijadikan masker dan dicampur dengan sedikit yogurt.

Masih bingung cara mengatasi kulit kering setelah membaca tujuh bahan melembabkan kulit? Atau kalian punya bahan lain yang bisa juga digunakan untuk mengatasi kulit kering?

#BloggerPerempuan
#30HariKebaikanBPN
#Day8

Share:

0 komentar