Cara Mudah Memutihkan Gigi

Hasil gambar untuk gambar orang tersenyum
makassar.terkini.id
Memiliki gigi putih bersih, tentulah menjadi idaman setiap orang. Dengan gigi yang putih bersih, akan meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Sedangkan gigi yang terlihat tidak putih, bukan hanya mengurangi rasa percaya diri, tetapi juga merupakan indikator kurang baiknya kesehatan mulut.

Sekarang ini, berbagai klinik kesehatan gigi sudah menyediakan layanan untuk memutihkan gigi. Sebelum kita membahas satu persatu cara untuk memutihkan gigi, baiknya kita lihat dulu hal-hal apa saja yang bisa menyebabkan gigi berubah warna.

Gigi bisa berubah warna disebabkan hal-hal di bawah ini:

1) Usia

Gigi memiliki lapisan enamel yang berwarna putih. Seiring usia yang semakin bertambah, lapisan enamel ini akan menipis dan terlihatlah lapisan dentil yang berwarna kuning. Lapisan dentil akan semakin terlihat jika kita perparah dengan kurangnya menjaga kesehatan gigi.

2) Makanan dan Minuman Tertentu
Makanan tinggi gula, kopi, teh, buah citrus, wine, minuman bersoda adalah makanan dan minuman yang turut memudarkan warna alami gigi. Kandungan zat pewarna pada makanan tersebut menimbulkan noda pada lapisan gigi kita. Makanan dengan tingkat keasaman yang tinggi juga bisa memengaruhi waarna gigi.

3) Kebiasaan Merokok
Kebiasaan merokok atau mengunyah tembakau dapat menyebabkan gigi berubah warna menjadi kecoklatan atau bahkan kehitaman. Hal ini terjadi karena kandungan nikotin dan tar pada tembakau akan menempel pada enamel gigi, membuat warna gigi alami menjadi pudar.

4) Tidak Menjaga Kebersihan Gigi
Kebiasaan jarang menyikat gigi atau berkumur dengan antiseptik tertentu juga bisa menyebabkan menumpuknya plak yang akan berakibat pada memudarnya warna alami gigi.

5) Adanya Penyakit Tertentu
Perawatan medis seperti radiasi kepala dan leher atau kemoterapi dapat menyebabkan perubahan warna pada gigi. Karies gigi atau gigi berlubang juga menjadi salah satu penyebab gigi berubah warna.

6) Mengonsumsi Obat
Antibiotik tertentu seperti tetrasiklin dan doksisiklin ternyata juga menjadi salah satu penyebab kerusakan gigi pada anak-anak jika obat-obatan jenis ini diberikan kepada mereka. Bahkan penggunaan obat untuk tekanan darah tinggi juga dapat memengaruhi perubahan warna pada gigi.

7) Mengalamai Cedera
Kerusakan gigi akibat cedera dapat mengganggu pembentukan enamel. Apalagi jika cedera ini dialami ketika masih anak-anak yang pertumbuhan giginya masih dalam tahap perkembangan.

8) Terlalu Banyak Fluoride
Fluoride dibutuhkan untuk membantu mencegah kerusakan gigi, namun penggunaan yang berlebihan juga tidak baik untuk gigi. Penggunaan fluoride secara berlebihan baik secara alami (air)  atau dari pasta gigi, gel fluoride, dan obat kumur dapat menyebabkan perubahan warna pada gigi.

Cara Mudah Memutihkan Gigi
Nah, kita sudah tahu nih, beberapa faktor yang dapat menyebabkan gigi mengalami perubahan warna. Setelah tahu penyebabnya, minimal kita mulai menghindari hal-hal di atas agar warna alami pada gigi tidak pudar.

Di bawah ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk tetap menjaga agar gigi tetap putih:
 Rajin Membersihkan Gigi

Rajin menyikat gigi minimal dua kali sehari yaitu pada pagi hari sesudah makan dan malam hari sebelum tidur, adalah cara termudah untuk memutihkan gigi. Ini juga merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut secara menyeluruh. Gunakan juga benang gigi untuk membersihkan sisa-sisa makanan pada sela-sela gigi yang sulit dijangkau oleh sikat gigi.

 Menggunakan Baking Soda
Baking Soa dipercaya mampu memutihkan gigi dengan penggunaan teratur baik digunakan sebagai pasta gigi atau sebagai obat kumur. Baking soda ini dapat membantu membersihkan noda pada gigig sekaligus mencegah perkembangan bakteri di mulut.

 Memerhatikan Asupan Makanan
Kurangi makanan dan minuman yang mengandung kadar gula tinggi, karena makanan dan minuman yang manis dapat mendukung pertumbuhan bakteri dan menyebabkan plak pada gigi. Sebagai gantinya, mengonsumsi buah dan sayur segar untuk meningkatkan air liur, sehingga  membnayu menghilangkan gula dan zat lain yang dapat merusak gigi.

Di awal tadi disebutkan bahwa kopi, teh, dan minuman bersoda juga mampu meninggalkan bekas noda pada gigi. Untuk itu lah perlu membatasi konsumsi kopi, gula, atau minuman bersoda.

 Berhenti Merokok
Kebiasaan satu ini dapat menyebabkan gigi menguning bahkan bisa menjadi hitam. Kalau ingin memutihkan gigi, lebih baik berhenti dari kegiatan merokok. Tentunya tidak hanya untuk menjaga kesehatan gigi tapi juga akan menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

 Gunakan Pasta Gigi Pemutih Gigi
Pilihlah pasta gigi yang mengandung pigmen-pigmen biru yang dapat membantu pemutihan gigi secara perlahan.

 Menggunakan Alat Untuk Memutihkan Gigi di Rumah
Sekarang sudah banyak dijual produk-produk pemutih gigi yang mengandung zat-zat bleaching. Tentunya untuk keamanannya lebih baik mengonsultasikannya terlebih dahulu kepada dokter gigi.

 Melakukan Perawatan ke Dokter Gigi
Ini adalah langkah yang memang harus ditempuh untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Kunjungi dokter gigi setiap enam bulan sekali dan disesuaikan dengan kebutuhan perawatan gigi yang diperlukan.

Sumber: https://www.tanyapepsodent.com

Share:

1 komentar